Sunday 11 March 2012

Polygon Cyclos

Sebenarnya punya sepeda ini sudah lama.
Dapat dari forum kaskus dengan harga yang cukup terjangkau. Spek awalnya seperti standar pabrikan (Grupset Sora 2x8 dengan crank 52-39).

Awalnya keinginan untuk beli roadbike adalah untuk efisiensi gowes ketika Century Ride (kurang lebih 100km). Saya sudah beberapa gowes 100an km, dan seringnya menggunakan fixed gear saya. Entah bersama Surly, Si Cenul atau dengan City Bike saya. Tapi ketika mudik beberapa waktu lalu dan saya century ride di daerah kampung halaman istri saya dengan menggunakan MTB saya merasa sangat kepayahan, terlebih lagi 2 orang temen gowes saya menggunakan roadbike. Waktu itu PP Blitar - Trenggalek PP menunjukkan 105 km lebih dikit (kalau tidak salah ingat), menggunakan MTB average speed merosot tajam ke 15km/jam (biasanya saya di angka 20km/jam). Memang ada beberapa faktor yang membuat merosotnya average speed saya, terutama karena saya mampir offroad blusukan hutan dulu dan juga jalan pulang yang menanjak. Tapi bagaimanapun sepanjang perjalanan saya menempel temen saya yang roadbike pun tidak, MTB memang tidak diciptakan untuk melawan roadbike, kata saya dalam hati (Beginilah jika fisik tidak mampu, akhirnya menyalahkan benda mati, hahahaha).

Dengan harapan dapat menaikkan average speed ketika gowes century ride, akhirnya sampai di Jakarta saya memutuskan untuk berburu Roadbike, mencari-cari dari forum ke forum, website ke website, bahkan toko ke toko, akhirnya dapat juga (yang sesuai kantong tentunya). Polygon Cyclos tahun lawas.
Dengan sedikit penyeseuaian  (ganti pedal cleat, ganti bar tape, ganti kabel-kabel dan memindah rem depan kiri menjadi kanan).
Setelah dicoba kok, chainring 52 terlalu besar ya buat saya? jujur saya gak kuat menggowes dengan chainring 52 dalam waktu yang agak lama. Akhirnya coba-coba cari crank compact 50-34, tapi sayang saya sudah terlanjur cocok dengan chainring 39.

Diputuskan pakai crankset road Tiagra triple chainring 50-39-30 yang di dapat dari seorang kawan yang baik hati di Jogja. Dengan harapan granny ringnya dapat membantu ketika tanjakan (maklum gak kuat). Beruntung Sifternya bisa untuk triple chainring jadi tidak perlu upgrade sifter yang cukup mahal. Ternyata timbul masalah, setelah crank di pasang, RD dan FDnya tidak cocok. RDnya harus pakai yang medium cage, agar ketika pada posisi chainring kecil dan mata sprocket kecil, ketegangan rantainya jadi tidak pas, terlalu kendur... Setelah mengupgrade RD Sora Shortcage menjadi Tiagra Medium masalah dapat teratasi sementara, karena FDnya harus pakai yang triple. Mencari FD Triple model braze on ini sangat susah dicari. Sudah berkeliling Rodalink seluruh Jakarta (bahkan sampai minta dicarikan di databasenya) dan BAB, hasilnya Nihil. Sempat lihat di forum Sepedaku bahwa salah seorang pedagang parts sepeda serba ada asal bandung pernah jual, langsung saya kontak dia ternyata hasilnya mengecewakan, dia juga kehabisan stok. Saya bilang, kalau misalnya ada lagi tolong di kabari. Selama kurang lebih 2 bulan mencari, sudah hampir putus asa. Apa cari di Ebay saja ya? Setelah dihitung-hitung harga masuk ke Indonesia jadi cukup mahal, saya putuskan untuk menunggu kabar saja lah. Dan akhirnya kabar yang ditunggupun datang, sebuah pesan masuk di HP saya, langsung saja saya pesan dan keesokkan harinya part yang ditunggu-tunggu datang. Lengkap sudah. Sekarang sepedanya sudah cukup nyaman dengan komponen yang sesuai...

Tapi tetap saja Average Speed tidak nambah, hahahahha... Memang salah orangnya...



Spesifikasi:

Frameset : Polygon Cyclos + AHeadset + Carbotech Composite Fork + OEM Seatclamp
Seatpost: OEM 27.2
Stem: Zoom (OEM)
Saddle: Specialized Evolution
Drop Bar: OEM + BBB Bartape
Sifter: Shimano Sora 3x8
Crankset: Shimano Tiagra 50-39-30
RD: Shimano Tiagra Mid Cage
FD: Shimano Tiagra Triple
Cassette: Shimano 8 speed 11-25
Pedal: Shimano Deore AM
Brakeset: Shimano 105 (F) + Tiagra (R)
Wheelset: Rigida DP2000 + Formula Hub + Panaracer (F) / Rigida DP2000 + Shimano Sora Freehub + Kenda.

7 comments:

  1. dulu beli di kaskus berapaan bro?

    ReplyDelete
  2. dulu 2 jutaan lebih dikit bro.. heheheh...

    ReplyDelete
  3. buset, murah banget... second yah bro?
    aku nemu polygon cyclos di toko tapi masih dibandrol 4 juta :(

    ReplyDelete
  4. iya second, kondisinya masih oke tapi..
    wah kok cyclos mahal bener? ini kan produk udah lama dan diskontinu, kalo harga segitu nambah 500 bisa beli Helios 100 yang terbaru (Harga Rodalink)...

    ReplyDelete
  5. hahaha, itulah, tokonya nggak mau rugi
    tadi habis ngecek lagi, harga masih tetap 4 juta tapi dapet voucher 750 ribu
    sepertinya masih tetap belum tertarik

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kalau mau sepeda ini saya jual bro.. 3.2 juta aja.. udah upgrade crank Tiagra Triple, RD Tiagra, Pedal Deore Clipless, Ban Belakang Kenda (Baru).. Minat? :D

    ReplyDelete